Wall E



Wall-E




Teman-teman coba bayangkan bila kalian kalian tinggal sendiri tanpa orang lain dan mahluk hidup lainnya... coba bayangkan bila bumi musnah, sepi dan tidak berpenghuni lagi oleh satupun mahluk hidup di dunia ini. Pasti hal tersebut sangat menyeramkan........
Dan hal tersebutlah yang terjadi dan dialami oleh robot satu ini......

Diceritakan pada suatu hari dimana bumi sudah musnah dan ditinggalkan oleh semua penghuninya, tidak ada manusia, mahluk hidup bahkan pohon sekalipun.

Yang ada hanya seonggokan sampah yang tidak ada habisnya yang terhampar banyak dimana-mana.



Suatu hari di bumi yang sudah hancur dan rusak ini muncul sebuah robot yang sedang bekerja sendirian di tengah hamparan sampah yang sangat banyak. Robot yang dikenal sebagai Wall. E ini merupakan satu- satunya robot dari proyek pembersih sampah yang masih tersisa dan berfungsi di bumi.

Awalnya Wall. E dibuat dengan tujuan untuk membersihkan bumi dari sampah yang sudah tidak tertampung lagi banyaknya. Sehingga dibuatlah Wall. E untuk mengatasi masalah tersebut. Akan tetapi seiring berjalannya waktu proyek tersebut tidak dilanjutkan kembali karena semua manusia sudah pergi meninggalkan bumi, dan Wall. E pun ditinggalkan.....


Sehingga tersisalah Wall. E ini. Selama bertahun-tahun hingga seratus tahun lamanya Wall. E hidup dan beroperasi untuk membersihkan bumi dengan cara mengepres semua sampah sedikit demi sedikit di temani dengan seekor kecoa.

Pada suatu hari saat sedang bekerja, Wall. E menemukan sebuah cahaya merah dari langit. Wall. E yang mengira cahaya tersebut adalah sebuah benda, berusaha mengejar untuk menangkap cahaya tersebut. Saat cahaya tersebut berhenti tiba- tiba mucul dari langit sebuah pesawat yang sangat besar yang hampir menipa Wall.E . Dan ternyata didalam pesawat tersebut mucul sebuah robot asing berwarna putih yang di tinggalkan oleh pesawat tersebut.



Wall-E yang melihat robot tersebut, kagum sekaligus senang karena akhirnya ia bisa mendapatkan teman. Wall-E yang senang kemudian mengikuti dan mengawasi robot tersebut secara diam- diam dengan maksud untuk berkenalan ^^


Tapi ternyata hal tersebut tidak berhasil karena robot putih tersebut sedang mengemban misi untuk mencari sesuatu sehingga Wall-E untuk sementara tidak berhasil untuk mendekati robot putih tersebut.

Eve dan Wall.E

Suatu kali Wall. E berhasil berkenalan dengan robot putih tersebut yang diketahui bernama Eve. Tetapi tiba- tiba datang badai pasir melihat hal tersebut Wall. E mengajak Eve kedalam tempat tinggalnya untuk berindung dari badai pasir yang sedang melanda tepat mereka.


Kemudian Wall. E memperlihatkan berbagai macam barang yang dikumpulkannya selama ini yang berasal dari tupukan sampah yang dia pilah, kepada Eve dan salah satunya adalah tanaman.




Eve yang melihat tanaman tiba- tiba menjadi bercahaya dan membuka badannya untuk mengambil dan menyimpan tanaman tersebut. Sejak saat itu Eve berhenti berfungsi diam dan tidak bergerak!!




Wall-E yang bingung mengira bahan bakar Eve sudah habis dan memutuskan untuk menaruh Eve diatas tepat tinggalnya. Selama berhari- hari Wall-E menjaga dan merawat Eve dari hujan dan dingin bahkan membawa Eve ke berbagai tempat..

Hingga suatu hari Wall-E yang sedih memutuskan untuk bekerja kembali untuk mengepres sampah dan memilahnya. Tapi saat dia sedang bekerja tiba- tiba datang pesawat yang dulu membawa Eve ke bumi, dan hendak membawa Eve pergi!
Melihat hal tersebut Wall-E langsung meninggalkan pekerjaannya. Dengan ngebut dia berusaha untuk menghentikannya. Saat itu juga si kecoa berniat ikut bersama Wall-E untuk naik kepesawat tersebut tapi Wall-E melarangnya.

Wall-E pun kemudian berhasil menaiki pesawat tersebut dengan berpegangan pada tangga yang berada di badan pesawat. Saat itu pesawat mulai lepas landas dan mulai pergi meninggalkan bumi.

Meskipun sedih karena meninggalkan bumi Wall-E yang sudah terlanjur berpegangan pada tangga memutuskan untuk tetap ikut. Dalam perjalanan Wall-E melihat berbagai macam pemandangan luar angkasa yang tidak pernah dia lihat sebelumnya. Hingga akhirnya sampai juga Wall-E dan Eve di sebuah pesawat induk yang akan dimasuki oleh pesawat yang di tumpangi Wall-E dan Eve.

Wall. E dan MO


Ternyata pesawat induk tersebut adalah pesawat BnL yang di tempati oleh banyak orang, di sana semua manusia tidak berjalan layaknya manusia, mereka berjalan dengan bantuan alat yang berbentuk sebuah bangku yang dilengkapi dengan alat komunikasi tatap muka.
Dan yang parahnya semua manusia di pesawat tersebut tidak bekerja dan hanya bersenang- senang seperti makan dan minum yang bekerja hanyalah robot.

Wall. E yang tidak mempedulikan hal tersebut berusaha mencari Eve yang dibawa oleh robot lain kesuatu tempat. Ternyata Eve memiliki misi untuk membawa tanaman dari bumi kepesawat BnL sebagai bukti dan syarat agar pesawat BnL kembali ke bumi,sekaligus untuk menunjukan bahwa bumi sudah aman dan memiliki kehidupan seperti sebelumnya.

Tapi ternyata tanaman yang berada di dalam tubuh Eve sudah tidak ada! , Eve yang sudah aktif kembali kemudian kaget dan bingung kemana tanaman tersebut, dan lebih kagetnya Wall. E berada di ruangan kapten bersamanya.

Eve yang dianggap gagal dibawa diruang pembersihan atas perintah kapten pesawat BnL bersama dengan Wall . E ,akan tetapi saat Eve di bersihkan Wall .E sempat dibuat khawatir bahkan kaget karena menurut penglihatannya Eve tidak seperti dibersihkan dan di perbaiki tetapi seperti di siksa......
Karena melihat hal tersebut dengan nekat Wall. E menerobos masuk kedalam ruang pembersihan tempat Eve berada, bahkan tanpa sengaja menembakkan senjata pistol yang ada di tangan Eve ke saklar pengendali robot pembersih.
Sehingga menimbulkan kekacauan di ruang tersebut, robot- robot yang akan dibersihkan dan dibetulkan kemudian marah dan membawa Wall. E kepada robot security untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Eve bersama sang kapten

Wall. E yang takut kemudian ditolong oleh Eve, tapi hal tersebut malah dianggap sebagai perbuatan kriminal, Wall. E dan Eve dianggap robot berbahaya yang mengancam keamanan di dalam pesawat.

Eve dan Wall. E yang berhasil melarikan diri, kemudian pergi ketempat penyimpanan pesawat cadangan, Eve bermaksud untuk meminta Wall. E kembali ke bumi dengan mengendarai pesawat kecil tersebut. Tapi hal tersebut gagal, karena tiba -tiba datang robot polisi yang merupakan tangan kanan Auto (robot kemudi pesawat BnL yang menjadi tangan kanan Kapten) mengaktifkan sebuah pesawat, dan berniat membuang dan menghancurkan tanaman yang di bawa oleh Eve!

Eve dan Wall. E yang kaget kemudian berniat mengambil tanaman tersebut, setelah robot polisi itu pergi, saat Wall. E masuk dan mengambil tanaman, tiba- tiba pesawat tersebut terbang membawa Wall. E beserta tanaman dan yang parahnya pesawat tersebut akan meledak selama beberapa detik!



Wall. E yang terkunci berusaha melepaskan diri dari pesawat tersebut. Eve yang melihat Wall. E yang terbawa kemudian terbang dan berusaha mengejar pesawat tersebut. Pesawat yang sudah terbang jauh kemudian meledak dan membuat Eve sedih, tapi...... Rupanya Wall. E selamat. Dia menggunakan botol pemadam kebakaran untuk membuka dan terbang di angkasa.

Rupanya kejadian hilangnya tanaman yang di bawa oleh Eve dan Wall.E bukan merupakan kejadian yang tidak disengaja, terbukti dari robot polisi yang membawa tanaman tersebut untuk memusnahkannya. Hal tersebut dilakukan atas dasar dari perintah Auto, yang menganggap bumi sudah rusak dan berbahaya untuk di huni lagi oleh manusia.....

Nah bagaimana ya nasib Wall.E dan Eve? Apakah mereka dapat berhasil membawa tanaman tersebut kepada kapten dan menunjukan bahwa bumi sudah pulih seperti sebelumnya?
Dan apakah mereka dapat membersihkan nama baik mereka yang sudah tercemar, atas tuduhan memberontak?
Apakah mereka dapat melawan para robot keamanan yang dikendalikan oleh Auto?
Semuanya akan dilalui oleh Wall.E , Eve beserta teman-teman yang lain......


Film Animasi ini ditulis oleh Andrew Staton selaku sutradara film,bersama pete docter. Original Music ditangan oleh Thomas Newman. dan animasi dibuat oleh Pixar Animation Studio yang berkolaborasi dengan Walt Disney Picture sehingga artwork dan background terasa hidup dan nyata.

Pemeran utama di isi suaranya oleh Ben Burtt (Wall.E & MO), Elissa Knight (EVE), dan Jeft Garlin ( Captain)

Pemeran lainnya oleh Fred Willard (Shelby forthright & Bnl CEO), MacInTalk (Auto), Kathy najimy (Mary), Sigourney Weaver (Ship's computer), Loli Alan dan Bob bergen sebagai pengisi suara tambahan.

Animasi Wall. E ini sebenarnya memberikan pelajaran yang berharga bagi kita semua, agar kita dapat lebih peka dan lebih memperhatikan lingkungan sekitar kita. Seperti Wall.E contohnya, meksi dia bekerja sendirian dan telah ditinggal sendirian oleh kaumnya sendiri, bahkan oleh manusia yang merupakan penciptanya, dia tetap bekerja untuk membenahi bumi agar lebih baik dari sebelumnya...

Coba kita pikirkan kadang kita hanya berpikir untuk membuang sampah pada tempatnya adalah hal kecil yang tidak penting dan tidak berpengaruh bagi kita, tapi sebenarnya dengan hal-hal kecil tersebut dapat menyebabkan dampak yang luar biasa besar, seperti menyebabkan banjir dan kerusakan dimana-mana.

Nah begitu juga dengan sebaliknya apa bila kita lebih memperhatikan hal kecil tersebut, maka kita juga dapat mengubah dunia menjadi lebih baik dan terhindar dari hal-hal buruk tersebut iya kannn  :)

Dan kita diajarkan untuk tidak jadi manusia yang malas. Karna kemalasan hanya mengundang berbagai masalah saja. Diahrapkan untuk kedepan dengan kemajuan teknologi kita tidak merasa malas tetapi smakin giat untuk melakukan semuanya.

Oleh karena itu yuk kita lebih memperhatikan lingkungan sekitar, dengan membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan dan merawat lingkungan sekitar kita. Agar kita tidak kehilangan dunia yang kita cintai ini  :) 

 

Penulis : Andy Siadari ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Wall E ini dipublish oleh Andy Siadari pada hari Jumat, 08 April 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Wall E
 

0 komentar:

Posting Komentar